Desember 31, 2010

Free Personal signatures – cool!

Posted in Uncategorized pada 2:45 am oleh gessi

TEXTAREA_ID

Juli 27, 2009

Bahaya AntibiotiK

Posted in HeaLth pada 7:26 am oleh gessi

Saya termasuk orang yang paling tidak kuat menahan sakit, sehingga sakit flu pun langsung ke dokter karena khawatir dgn obat2an yg dijual bebas. Namum ada pemahaman yg cukup membuat saya penasaran yaitu akan bahayanya antibiotik. Karena penasaran maka saya pun search di google ttg bahayanya. Semoga artikel ini bisa membantu dan informatif.

Hampir semua orang pernah menggunakan antibiotik, baik dalam bentuk tablet, sirup maupun obat oles. Antibiotik telah 70 tahun lebih digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri. Penyakit serius, seperi, tuberkulosis atau kolera, yang ratusan tahun lalu merupakan penyakit fatal bagi seluruh umat manusia, kini tidak lagi merupakan ancaman seperti dulu. Penyakit klasik yang menggunakan antibiotik untuk mengatasinya adalah infeksi kandung kemih dan radang amandel.

Antibiotik sering digunakan untuk mencegah bakteri bergerak dari kandung kemih ke ginjal. Dampak sampingnya sangat jarang. Obat antibiotik bagus untuk tubuh. Namun di sejumlah kasus, pasien gagal mengkonsumsi antibiotik secara tepat. Hal itu di antaranya dapat mempengaruhi bakteri usus dan memicu diare di sejumlah orang. Reaksi alergi kulit juga dapat terjadi jika obat oles digunakan dalam jangka waktu panjang. Konsumsi alkohol saat sedang menggunakan antibiotik juga sangat berbahaya. “Itu dapat memicu komplikasi pada hati sebagai dampak penggunaan alkohol,” kata Constanze Wendt dari Lembaga Ilmu Kesehatan di Heidelberg. Antibiotik dapat juga mengurangi efektivitas pil kontrasepsi. Antibiotik berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Mereka dibuat dengan berbagai cara berbeda. “Antibiotik yang banyak dijumpai adalah penisilin, namun juga ada antibiotik sintetis,” kata kata Ursula Sellerberg dari Asosiasi Apoteker Jerman, yang berkantor pusat di Berlin. Antibiotik ada dua jenis, yaitu yang berspektrum luas dan yang berspektrum sempit. Sebagaimana namanya, antibiotik dengan spektrum luas efektif untuk melawan bakteri dengan jenis beragam, sedangkan yang berspektrum sempit untuk memerangi bakteri dengan jenis spesifik. Oleh karena penggunaan antibiotik sangat beragam, maka sejumlah bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik. Mereka tidak lagi dapat diatasi dengan obat konvensional, seperti antibiotik berspektrum luas. Untuk mencegah bakteri menjadi resisten, antibiotik hanya dapat digunakan dengan pengawasan resep dokter di sejumlah negara. Tapi, itu bukan masalah di banyak tempat. “Di Spanyol, misalnya, dimana antibiotik dapat dibeli di gerai obat. Kasus resistensi obat sangat tinggi,” kata Sellerberg. Industri obat juga segan mengeluarkan antibiotik temuan baru ke pasar untuk menjaga efektivitas dalam kasus darurat, yang serius. Kebanyakan dokter sekarang sangat hati-hati memastikan dan tidak meresepkan antibiotik terlalu awal dalam masa perawatan. “Dalam kasus anak-anak, kami merawat penyakit infeksi tropis, seperti, sinusitis dengan mengurangi pembengkakan,” kata Michael Deeg, ahli telinga, hidung dan tenggorokan, di Freiburg, Jerman Barat Daya.

Antibiotik baru akan digunakan ketika infeksi makin berkembang, namun bahkan pada tahap itu, dokter masih mencoba menemukan metode paling efektif untuk memerangi infeksi. “Sebuah sampel cairan tengah diteliti di laboratorium untuk menemukan cara terbaik memerangi bibit penyakit,” katanya. Antibiotik bekerja dengan cepat setelah dikonsumsi. “Di sejumlah kasus, pasien bebas dari seluruh gejala dalam beberapa jam,” kata Sellerberg. Namun, itu adalah saat pasien berada dalam masa bahaya dimana penyakitnya bisa kambuh kembali. Terutama jika mereka berhenti mengonsumsi obat terlalu cepat, karena merasa membaik. Maka tidak semua bakteri telah terbunuh. Sellerberg dengan kuat mendorong pasien mengikuti jadwal perawatan sepanjang perintah dokter. Itu akan mencegah peluang sejumlah bakteri bertahan dari pengobatan dan menjadi resisten. Setiap orang yang resisten jika terinfeksi dengan bakteri itu lagi tidak dapat lagi dirawat secara efektif dengan antibiotik sama. Pasien juga dapat bersikap skeptik ketika bicara mengenai antibiotik. “Antibiotik hendaknya tidak diresepkan sebagai upaya pencegahan. Mereka seharusnya hanya diberikan jika infeksi terjadi,” kata Wendt. Konsumsi tablet antibiotik untuk menanggulangi radang selaput lendir hidung adalah perawatan yang salah. Kebanyakan orang masih tidak peduli bahwa antibiotik tidak efektif melawan virus dan tidak dapat digunakan untuk memerangi flu biasa. Namun, Wendt mengatakan bahwa antibiotik masih merupakan cara paling efektif untuk merawat infeksi bakteri serius, seperti, meningitis atau infeksi paru-paru, yang dapat berakibat fatal jika tidak dirawat tepat waktu

Kapan anda perlu antibiotik ?

Kayaknya saya perlu membahas ini di awal, karena menurut saya inilah yang paling penting anda ketahui, kapan anda perlu antibiotik.

Jika dokter anda meresepkan antibiotik, berarti anda dianggap menderita penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, tentunya dari pemeriksaan fisis, dan penunjang seperti laboratorium darah, kultur, dan sebagainya.

Seorang dokter yang baik akan mempertimbangkan apakah memang perlu untuk meresepkan antibiotik untuk anda, ataukah cukup dengan memberikan obat lainnya. Sebab tidak semua penyakit dengan demam perlu diterapi dengan antibiotik. Sebagai contoh bayi yang kurang mendapat asupan ASI dari ibunya bisa jadi demam. Yang menyebabkan demamnya pada hal ini adalah dehidrasi, bukan infeksi. Anak yang menderita batuk, pilek yang tidak khas, bisa saja menderita common cold yang penyebab utamanya adalah virus, tentunya tak ada guna dengan antibiotik.

Atau kadang obat antibiotik diberikan juga untuk pencegahan. Jika memang ada alasan untuk pencegahan yang benar, misalnya untuk pasien yang akan menjalani operasi saluran cerna, yang sangat beresiko bakteri saluran cerna masuk lewat luka operasi yang dibuat, lalu beredar ke seluruh tubuh, maka dokter bedah biasanya memberikan instruksi pemberian antibiotik beberapa waktu sebelum operasi

Apa efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan antibiotik ?

Sangat banyak. Namun yang perlu anda ketahui tentang efek samping, yaitu dia tidak mesti timbul. Artinya dari segala macam yang tertera di buku tentang efek samping antibiotik, tidak ada panduan yang mana yang akan anda derita, itu sangat subyektif. Juga tidak beralasan untuk tidak meminum antibiotik yang diresepkan dengan alasan menghindari efek samping. Kita tidak akan pernah tahu kapan efek samping akan muncul. Dokter hanya akan memberi peringatan bagi pasien kalau-kalau dia merasa demikian dan demikian, maka bisa jadi itu efek samping yang timbul.

Kecuali, alergi. Jika anda pernah mengalami alergi dengan salah satu antibiotik, besar kemungkinan anda akan mengalaminya lagi jika diberikan antibiotik yang sama. Yang paling ditakutkan adalah syok anafilaktik, yaitu reaksi alergi yang sangat serius, berupa penurunan tekanan darah drastis, kegagalan jantung memompa, yang berakhir pada kematian.

Yang jelas, meminum antibiotik tidak sesuai indikasi, apalagi beli sendiri, sangat beresiko tinggi menimbulkan efek samping. Dan anda tidak tahu bagaimana menanganinya bukan ?

Adapun penggunaan antibiotik dalam waktu yang lama, memang sangat mungkin untuk menimbulkan efek samping berupa reaksi alergi, pertumbuhan jamur, gangguan fungsi organ seperti hati, ginjal, atau organ pendengaran. Yang jelas, penggunaan antibiotik dalam jangka waktu yang lama haruslah di bawah pengawasan dokter yang berkompeten, dan tahu efek yang bisa timbul dari obat yang diberikannya.

Minum antibotiknya hingga tuntas, berantas habis mikroba dalam tubuh anda. Tentunya anda tidak ingin mikroba dalam tubuh anda resisten, dan menunggu hingga pertahanan tubuh anda kembali lemah untuk beraksi kembali. Masalah resistensi adalah masalah yang pelik, butuh kerjasama yang kuat dari banyak pihak seperti dokter, pasien, farmasi, dan pemerintah untuk menangkalnya.

 

Sumber: Kapanlagi.com

 

Juli 26, 2009

Sebuah RenunGaN TentanG PernikahaN

Posted in Renungan pada 10:08 am oleh gessi

Dulu ada eranya di mana perempuan yang sudah menikah saat usia 20 an, maka akan dibilang laku, hebat, menikah merupakan prestasi. Jadi jika saat itu ada wanita hampir usia 30 belum menikah, ia akan merasa rendah diri. Tapi sekarang, eranya sudah bergeser. Wanita lebih memilih menyelesaikan pendidikan tingginya, lalu bekerja, kemudian menikah. So, deadline menikah mereka menjadi mundur, ntar aja usia 27 or 28 baru mikir nikah.

But, ketika usia sudah mencapai angka deadline, jodoh belum teraih, maka mulailah ia panik. Mengapa? Karena menikah masih dianggap sebuah achievement, sebuah prestasi, dan mungkin sebuah ujung dari kehidupan, terutama bagi wanita. Kemudian, mereka akan berpikir dari segi reproduksi, waduh.. gue udah 30 an nih, masih mungkin nggak ya hamil dan melahirkan? Bukankah resikonya lebih besar. Atau ‘ancaman’ bahwa perempuan yang belum hamil, melahirkan, dan menyusui di usia resiko itu akan mudah terkena penyakit kanker payudara dan kanker rahim.

Kemudian ada beberapa hal lain yang membuat wanita menjadi panik dan parno jika ia belum menikah di usia 30-an, selain faktor reproduksi dan kesehatan, yakni: Standar yang sudah ditentukan diri sendiri, bahwa ia harus menikah di usia 20 an, kemudian tuntutan keluarga (terutama ortu) dan tuntutan lingkungan, dan masalah achivement tadi.

Sehingga jika jodoh belum sampai padanya, maka si wanita lantas menjadi panik, dan seolah ‘kejar setoran’. Yang dikhawatirkan, ia akan bertindak gegabah, hanya mementingkan emosinya, siapa saja oke deh, yang penting gue nikah!

Padahal menikah mengandung konsekwensi, kewajiban, dan tanggung jawab yang nggak mudah dan ringan. Menikah jangan dipikir enaknya aja. Apa-apa yang bisa dikerjakan saat lajang, belum tentu diperoleh saat perempuan itu telah menikah. Jika ia menikah karena alasan emosi (daripada dibilang nggak laku? Daripada gue nunggu lagi padahal umur udah segini, dan alasan-alasan lain yang nggak rasional) ditakutkan pernikahan itu nggak membawa kebahagiaan baginya.

Pertamyaannya, mengapa banyak wanita masih melajang di usia 30-an? Karena posisi wanita dan pria sudah semakin equal, semakin seimbang, membuat perempuan mencari partner hidup yang bisa mengimbanginya. Pendidikan perempuan semakin tinggi, karirnya semakin berkembang, tapi ia masih menuntut mendapatkan jodoh yang lebih tinggi dan lebih baik darinya. Sehingga kesempatannya lebih kecil dan ada anggapan atau… jangan-jangan kualitas pria sekarang yang malah menurun?

Kalau mencari yang setara dan cocok, mungkin kesempatan itu lebih lebar. Nggak bisa dipungkiri juga, sebagai lajanger di usia 30, kadang malah kita yang disalahin. Inipun saya mengalami. Kalo ketemu temen lama yang sudah momong anak dan tau saya belum menikah, komentarnya biasanya:

“Lo milih-milih kali…”

“Mentingin karir aja sih, elo, kapan nikahnya?”

“Nggak nyari sih….”

Dibilang pemilih…. setiap orang pasti punya pilihan dan kriteria, sepanjang masih wajar. Apakah lantas karena usia sudah menginjak angka parno, kita main sabet yang ada di depan mata? Hanya demi menikah di usia yang kita inginkan? Bagaimana kalo jadinya pernikahan itu nggak membawa manfaat, hanya membawa mudharat? Nggak ok juga kan?

Menikah tidaklah semudah itu.. menurut saya menikah adalah fase baru dalam suatu kehidupan dimana kita harus benar2 prepare dan menyiapkan mental dan materiil kita..

Ini juga menjadi problem mengapa wanita sekarang masih melajang di usia 30-an. Kadang kita suka gengsi kalo dicarikan atau dijodohkan orang. Seolah nggak laku, atau nggak punya pilihan sendiri. Padahal cara Islam pun seperti ini. Saya nggak anti dikenalkan seseorang lewat perantara, termasuk dari ortu. Yah, kenalan dulu apa salahnya? Ortu juga nggak maksa jadi kok? Kalo nggak cocok ngapain dipaksa? Betul bukan? Karena pintu jodoh kan dari mana aja, bisa temen sendiri, bisa dari guru ngaji, bisa dari ortu, bisa tetangga sendiri, atau bisa mantan pacar? Who knows?

Banyak orang mengatakan bahwa hal yang tidak disukai dalam hidupnya adalah
menunggu. Menunggu memang membosankan. apalagi menunggu sesuatu yang belum
pasti terjadi. Tapi menunggu juga mengasyikkan karena melatih jiwa menuju
sabar. Sabar menunggu janji-Nya yang pasti terjadi, karena Allah Maha Menepati
Janji. Seandainya Allah tak memberi untuk kita jodoh di dunia, maka Dia akan
memberikannya di akhirat.

Tetap bersyukur dan meyakini bahwa Allah Mahaadil akan menguatkan jiwa kita
ketika ujian datang menyapa. Allah mengingatkan kita,”Apakah kamu mengira akan
masuk surga padahal belum datang kepadamu (ujian) seperti (yang dialami) orang-
orang terdahulu sebelum kami. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan,
diguncang (dengan berbagai cobaan). Sehingga Rasul dan orang-orang yang beriman
bersamanya berkata, “Kapankah datang pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya
pertolongan Allah itu dekat.” (QS Al-Baqarah: 214).

Juli 7, 2009

Bahaya Bergadang..

Posted in HeaLth pada 4:18 pm oleh gessi

sleeping late

sleeping late

Para dokter di Nasional Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (SGOT, SGPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm!

Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index). Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil index yang normal berarti semua OK. Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar.

Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar.

Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan. Penyebab utama kerusakan hati adalah :

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama

2. Pola makan yang terlalu berlebihan.

3. Tidak makan pagi.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.

6. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.

7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 ba gian . Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya,

Sebab:

@ Malam hari pk 9 – 11: adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) diba gian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah t angga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

@ Malam hari pk 11 – dini Hari pk 1: saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.

@ Dini hari pk 1 – 3: proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

@ Dini hari pk 3 – 5: de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

@ Pagi pk 5 – 7: de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

@ Pagi pk 7 – 9: waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan terlalu sering begadang


Sumber: http://myhealthblogging.com/

Browsing, Menyehatkan Otak

Posted in HeaLth pada 4:00 pm oleh gessi

browsing around

browsing around

Tidak seperti produk elektronik buatan China, yang makin rongsok bila kelewat sering digunakan, otak kita justru sebaliknya. Makin sering digunakan, otak kita akan makin tajam. Dan otak yang tajam, oh, sungguh investasi yang tak ternilai harganya. Penelitian membuktikan bahwa kesehatan otak berbanding lurus dengan kesehatan tubuh. Bila otak tajam, tubuh akan bereaksi positif—bugar dan penuh stamina. Sebaliknya, otak yang tumpul cenderung mendorong tubuh bereaksi negatif—letih dan lemas.

Untuk menajamkan otak, yang perlu anda lakukan hanya berpikir. Tapi tentang apa? Kalau memikirkan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang belakangan ini rajin bungee jumping, atau bos yang tidak mengenal titik koma saat mengomel, atau tertundanya hasrat menyebar undangan pernikahan karena belum menemukan nama calon pasangan yang pantas (dan bersedia) ditorehkan di atasnya, pastilah anda tambah pusing.

Akan lebih menyenangkan bila anda memanfaatkan otak untuk memikirkan hal-hal yang lebih menyenangkan. Misalnya:

  • Menyelesaikan puzzle;
  • Bermain scrabble dan bridge; atau,
  • Mengisi teka-teki silang dan sudoku.

Namun bila anda tidak punya banyak waktu luang, ada satu cara sederhana yang layak dicoba. Bahkan sambil bekerja pun anda bisa melakukannya. Yaitu, berselancar di dunia maya.

Membaca telah lama diakui secara ilmiah sebagai ”vitamin” otak. Kegiatan ini melibatkan penglihatan (melihat kata-kata), pengenalan (mengenali kata-kata), pemahaman (memahami kata-kata), ingatan (menyimpan kata-kata dalam otak), pendengaran dan wicara (ketika membaca kita selalu mengasosiasikan rangkaian kata itu dengan pengucapannya), serta emosi (kita merasakan sesuatu ketika membaca). Membaca merupakan satu kegiatan sederhana yang memicu otak bekerja sedemikian kompleksnya. Dan makin banyak anda membaca, makin berkembang otak anda.

Kini, sumber bacaan kita bukan lagi sebatas buku, surat, dan koran. Ada internet, dengan jutaan (bahkan milyaran) informasi terkandung di dalamnya. Penelitian yang baru-baru ini diadakan Universitas California di Los Angeles, Amerika Serikat mendapati bahwa kegiatan mencari data di internet membantu meredam penyusutan otak dan berkurangnya aktivitas sel-sel otak, yang normal terjadi seiring bertambahnya usia.

Buku versus Internet

Lantas, manakah ”vitamin” otak yang lebih mantap, buku atau internet?

Penelitian itu membagi relawannya menjadi dua kelompok; satu ditugasi membaca buku, yang lain mencari dan membaca data di internet. Otak mereka kemudian dipindai (di-scan).

Hasilnya, kedua kelompok menunjukkan adanya aktivitas signifikan di bagian otak yang mengendalikan bahasa, ingatan, dan visual. Namun, kelompok peselancar dunia maya menunjukkan aktivitas di satu bagian otak lain, yaitu yang mengendalikan pengambilan keputusan dan pemikiran logis. Ini fenomena wajar, menurut Prof. Gary Smith, ”Karena ketika menghadapi jutaan pilihan informasi, mereka harus mencari dan memutuskan beberapa yang relevan dengan yang mereka butuhkan.”

Menyenangkan bukan? Dan karena saya suka menulis, sementara anda butuh ”vitamin” otak, marilah kita bersimbiosis mutualisme. Saya akan terus menulis artikel menarik untuk Twentea, dan anda membacanya. Saya puas, anda pintar, hehehe…

Sumber: http://www.twentea.com

Juli 6, 2009

PELUPA, Tips & Penanggulangannya

Posted in HeaLth pada 3:28 am oleh gessi

pelupa..Sering lupa meletakkan kunci atau dompet? Atau, apakah Anda sering ketinggalan membawa barang? Berarti Anda tergolong pelupa. Ingin mengubah kebiasaan pelupa Anda?
Menurut buku ‘Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat’ yang ditulis oleh Deasy Harianti, untuk meningkatkan daya ingat ada dua hal penting. Atensi dan Konsentrasi.

Atensi adalah kebiasaan memperhatikan barang sekecil apapun. Seperti, menaruh pulpen, meletakkan kacamata, atau kunci rumah. Misalnya, saat Anda mengambil kunci rumah, coba diingat-ingat, di mana Anda mengambil itu, kunci apa yang Anda ambil, berntuknya seperti apa, dan di mana biasa Anda meletakkan kunci itu. Hal-hal kecil itu akan memberikan informasi pada otak yang merupakan proses atensi atau perhatian.

Jika proses atensi tersebut dijadikan kebiasaan terus-menerus, maka akan meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi inilah yang akan membuat kita lebih fokus dan lebih mudah memanggil kembali ingatan kita akan sesuatu.

Selain itu, biasakan diri untuk tidak tergantung orang lain. “Kalau bergantung pada orang lain untuk mengingatkan sesuatu, kita tidak melatih diri dan otak kita. Sel-sel otak kita jumlah 1 trilyun. Dan, rata-rata manusia menggunakannya hanya 5 %. Untuk itu optimalkan sel-sel otak dengan melatih atensi dan konsentrasi. Berarti tanpa bergantung dari orang lain,” kata Deasy pada Talkshow penerbit Demedia berjudul ‘Memory Power’ di ajang Pesta Buku Jakarta.

Dalam buku tersebut, ada beberapa teknik untuk lebih mudah mengingat, yaitu:
1. Teknik plesetan.
Caranya dengan melatih bahasa asing. Salah satunya, ‘tounge’ yang artinya lidah. Anda membuat kalimat dari kata itu. Misalnya, lidah dijepit dengan tang. Kalimat itu ekstrem. Biasanya kalimat ekstrem akan menempel di otak. Teknik tersebut bisa terapkan pada anak sejak usia 5 tahun – sampai manula.

2. Mengenali ciri fisik
Ketika pertama kali kenalan, jika langung lupa nama orang yang dikenalkan pada Anda, ada cara jitu untuk mengingatnya. Misalnya, ketika Anda dikenalkan oleh si A. Coba perhatikan ciri fisiknya, apakah berambut keriting, bertubuh gemuk, atau berkacamata. Dari sini Anda bisa mengingat namanya dengan lebih jelas.

Penyakit lupa agaknya bukan hanya menimpa para manula, tapi juga wanita berusia muda. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?

DIMENSIA VS KONSENTRASI BERCABANG
“Menurut teori, gejala kepikunan atau dimensia, biasanya mulai terjadi ketika seseorang menginjak usia 65 tahun, ujar dr. Sutarto, ahli saraf dari RS Pondok Indah. “Secara fisiologis, sel-sel otak bisa rusak dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia. Ketika mencapai usia 70 tahun, bagian otak yang rusak bisa mencapai 5-10% setiap tahunnya. Akibatnya, daya ingat melemah, dan saraf otak banyak yang tidak berfungsi dengan baik lagi. Akibatnya, seseorang akan mengalami kesulitan untuk mengingat dan berkonsentrasi, ujar Sutarto.

BANYAK CARA MELATIH OTAK
Bagaimana cara melatih otak agar tetap dapat berfungsi dengan baik? Jangan dulu Anda membayangkan harus membaca text book tebal yang membosankan, seperti ketika kuliah dulu. Melatih otak sebenarnya merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan dapat dilakukan kapan saja.

DIPENGARUHI GAYA HIDUP
Disadari ataupun tidak, padatnya aktivitas sering kali menjauhkan kita dari gaya hidup sehat. Selain memicu kegemukan dan berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes melitus, stroke, dan lain-lain, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa mengganggu fungsi otak. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi penyakit tersebut.

Namun, selain dimensia, ada pula faktor lain yang menyebabkan seseorang mudah melupakan sesuatu. “Pada orang muda seperti Fitria, masalah yang mereka alami sebenarnya bukan termasuk gejala dimensia ataupun gangguan otak. Yang terjadi adalah kurangnya konsentrasi ketika sedang melakukan sesuatu, ujar Sutarto.

“Perbedaan antara organ manusia dan mesin adalah cara kerjanya,”tegas Sutarto. “Sebuah mesin akan cepat rusak jika intensitas pemakaiannya tinggi, sedangkan organ tubuh manusia justru makin terlatih dengan banyaknya aktivitas,” tambahnya.

“Pada orang dewasa, aktivitas mental seperti mengisi teka-teki silang, membaca, mendengarkan musik, mengambil kursus keterampilan, mempelajari bahasa asing, bahkan menonton film, dapat dilakukan untuk melatih ketajaman otak, Sutarto menjabarkan.

Kegiatan melatih otak terutama perlu mulai dilakukan sejak usia 25 tahun. Pasalnya, sebelum usia tersebut, aktivitas otak dan fisik sudah terpenuhi melalui kegiatan sekolah, kuliah, serta berbagai macam kegiatan dan permainan. Lain halnya ketika usia kita bertambah dan mulai mengerjakan rutinitas pekerjaan yang kurang bervariasi, sehingga kurang dapat merangsang perkembangan otak secara seimbang.

  • Latihan kebugaran. Mulailah berolahraga secara teratur, dengan jumlah berikut kualitas olahraga yang cukup. Jangan lupa untuk beristirahat.
  • Penuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Protein yang banyak terdapat pada ikan, daging, serta biji-bijian seperti kedelai maupun produk olahannya, amat baik bagi pembentukan sel-sel otak. J
  • Kurangi makanan berlemak. Batasi konsumsi junk-food.
  • Pilih minuman rendah gula. Pilihlah aneka buah segar sebagai pengganti minuman ringan. Selain memiliki kadar gula alami, buah juga berfungsi sebagai antioksidan.
  • Jauhi stres. Beban pikiran yang terlalu berat pada akhirnya bisa menimbulkan depresi. Oleh karena itu, belajarlah mengelola dan menyikapi masalah serta hadapi segala sesuatu secara optimistis.
  • Cukup beristirahat. Sebaiknya Anda memiliki jam tidur yang cukup dan teratur setiap hari. Sebab, siklus tidur yang tidak teratur bisa menurunkan stamina serta melemahkan daya konsentrasi.

semoga bisa bermanfaat…

Sumber: vivanews.com & femina-online.com

Juli 4, 2009

..Menurunkan Berat Badan..

Posted in DieT pada 1:04 pm oleh gessi

dieting for healthy

dieting for healthy

Langkah Tepat Menurunkan Berat Badan Hati-hati mengonsumsi makanan. Jika Anda tidak dapat mengontrolnya, kesehatan yang akan jadi taruhannya. Namun, bagaimana jika berat tubuh sudah terlanjur besar? Setiap aktivitas yang kita lakukan, memerlukan energi. Mulai dari berjalan, berbicara, berlari, berolahraga, bermain, sampai berpikir. Energi yang kita keluarkan itu dihasilkan dari kalori yang didapatkan dari makanan. Namun bila kita mengonsumsi lebih banyak kalori daripada jumlah yang kita butuhkan setiap hari, kelebihan kalori itu bisa tersimpan dalam bentuk lemak. Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh, seimbang dengan energi yang dikeluarkan atau dibakar melalui aktivitas harian, tentu tidak masalah dan berat badan Anda akan stabil. Kelebihan berat badan akan terjadi jika Anda tidak dapat mengontrol kalori harian dengan jumlah kalori yang dikeluarkan.

MENGAPAHARUS MENURUNKAN BERAT BADAN

Berat badan berlebih dapat menimbulkan berbagai masalah serius seperti terserang penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, darah tinggi, kesulitan bernapas saat tidur, kanker dengan beberapa tipe, osteoarthritis, sampai haid yang tidak teratur. Jika Anda peduli dengan kesehatan, ada beberapa cara awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan, antara lain: • Pertama, pastikan kondisi tubuh Anda, tergolong dalam kelompok underweight (kekurangan berat), normal, overweight (kelebihan berat badan) atau obesitas. Berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu. • Kedua, perhatikan kebiasaan makan dan aktivitas fisik. Buat daftar makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Tujuannya agar dapat diketahui pola makan dan kandungan kalori yang masuk. • Ketiga, tetapkan perencanaan secara lebih spesifik saat memilih makanan dan aktivitas fisik. Hal ini bisa dimulai dengan cara mendisiplinkan diri sendiri. • Keempat, jalankan rencana yang telah Anda buat, dan tetaplah berpatokan pada rencana tersebut. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter pribadi untuk menetapkan cara atau pola makan terbaik. Tidak ada salahnya meminta bantuan teman atau keluarga terdekat untuk mendukung program yang Anda buat. Tetapi, tetap ingat bahwa tanggung jawab atas kesehatan Anda, tetap berada pada diri Anda sendiri.

LANGKAH LANJUTAN YANG TEPAT

Anda mungkin sadar banyak sekali buku-buku yang mengulas cara menurunkan berat badan, programprogram diet disebar hampir di setiap klinik kesehatan, dan berbagai produk penunjang diet yang dijual di setiap supermarket. Di tengah banyaknya pilihan tersebut, yang harus Anda lakukan adalah menemukan program yang tepat dan terbaik untuk Anda serta tetap disiplin saat menjalankannya. Peran dokter akan sangat Anda butuhkan untuk menetapkan pola yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan. Jika Anda ingin melakukannya tetaplah untuk berpatokan pada: • Jangan mencoba membuat perubahan terlalu besar dan dramatis dalam waktu semalam. Jika Anda berharap mendapatkan hasil yang terlalu besar dan terlalu cepat, percayalah, Anda akan kecewa. • Tempatkan pola pikir sederhana dalam perubahan pola makan dan aktivitas. Cara ini akan mengurangi rasa keterpaksaan, dan mampu memotivasi Anda dalam waktu yang cukup lama. • Turunnya berat badan bukanlah satu-satunya kesuksesan. Dengan meningkatkan aktivitas fisik, dan mengonsumsi makanan sehat Anda akan mendapatkan hidup yang lebih sehat, meski berat Anda tidak berubah.

MAKAN SECARA LEBIH BAIK

Pola makan yang tidak sehat adalah pencetus tren berat badan berlebih dan obesitas di Amerika. Saat ini, masyarakat Amerika mengonsumsi 23% gula lebih banyak dibandingkan tahun 1970. Dan, soft drink merupakan sumber utama bahan makanan yang banyak mengandung gula, namun sangat digemari. Pada tahun 2000, pengonsumsian lemak jauh lebih banyak dibanding tahun 1970, yaitu meningkat lebih dari 24%. Belum lagi ditambah bahan makanan lain yang dikonsumsi secara berlebih. Berdasarkan fakta tersebut lalu disebarkan panel yang berisikan saran dari sekian responden tentang cara atau pola makan yang baik, seperti: • Makanlah di meja makan. • Jangan makan sambil menyetir, nonton teve, atau sambil berbicara di telepon. • Sisihkan piring begitu Anda merasa tidak lapar lagi. Jangan menunggu hingga perut benar-benar penuh untuk berhenti makan. • Makanlah saat Anda benar-benar lapar, bukan karena Anda merasa bosan, tertekan, atau lelah. • Jangan pergi berbelanja dengan perut kosong. • Pilihlah jenis minuman yang tidak banyak mengandung kalori, seperti: soda diet, air putih, atau segelas susu rendah lemak. • Bagi Anda yang tidak dapat melepaskan rasa manis dalam makanan, coba ganti gula Anda dengan gula campuran, atau mungkin pemanis yang rendah kalori. Pastikan pemanis itu sesuai dengan kebutuhan Anda. • Cobalah mengganti roti tawar dengan roti gandum dan beras putih dengan beras merah, ayam goreng dengan ayam panggang atau kukus, jus buah kemasan dengan buah segar, dan kentang besar ukuran besar dengan kentang goreng ukuran yang lebih kecil. • Baca label kemasan makanan yang Anda beli. Pilih makanan yang mengandung sedikit lemak dan kalori.

COBALAH LEBIH AKTIF

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur mampu menjauhkan Anda dari beberapa jenis penyakit merugikan. Menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting, terlepas dari apakah Anda memiliki berat badan berlebih atau tidak. Tidak perlu mengubah gaya hidup secara drastis, karena hasilnya tidak akan sesuai dengan keinginan. Mengubah secara perlahan, jauh lebih meringankan dan menguntungkan dibanding dengan cara yang frontal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan waktu olahraga 10 menit lebih panjang daripada yang biasa dilakukan. Sekadar mengingatkan saja, simpanlah remote control saat menonton teve, Anda bisa mengganti saluran dengan berdiri bangun dari sofa. Gunakan tangga untuk aktivitas naik-turun di kantor dibandingkan menggunakan elevator, atau, jika lantai terlalu tinggi, gunakan elevator dan turunlah satu lantai sebelum lantai Anda, gunakan tangga. Parkir mobil Anda agak lebih jauh, dan gunakan lapangan parkir sebagai arena “treadmill” hingga ke pintu kantor. Gunakan waktu sore hari dengan bermain bersama anak-anak di taman atau arena bermain. Saat menonton teve, lakukan aktivitas di atas treadmill atau sepeda statis. Mulailah memasang speedometer, untuk memastikan berapa langkah yang telah Anda buat hari ini, lalu tambahkan beberapa langkah keesokan harinya. Yang terakhir, jangan pernah malu untuk keluar berolahraga, meski itu hanya berjalan kaki berkeliling kompleks rumah. Sederhana namun bermanfaat, bukan?.

Juni 25, 2009

Kekuatan HaTi MelebiHi Kekuatan Pikiran

Posted in InspirinG pada 12:06 pm oleh gessi

heart is the key

heart is the key

Dalam berbagai training dan seminar motivasi, seringkali para motivator mengajarkan kita untuk selalu berpikir positif. Dalam berbagai tulisan, artikel dan buku-buku motivasi, para motivator dan penulis juga mengajarkan kita berpikir positif untuk meraih kesuksesan. Banyak orang sangat meyakini bahwa kekuatan pikiran positif dapat membawa manusia meraih kesuksesan dalam mencapai tujuannya. Memang, tidak diragukan lagi, kalau kekuatan pikiran positif ini dan membawa manusia pada kesuksesan dalam meraih tujuannya. Mereka yang dapat mengarahkan pikirannya selalu kearah positif, maka diyakini bahwa hasilnya adalah sesuatu kehidupan yang positif juga.

Meskipun demikian, kita sebagai manusia yang memiliki keyakikan keimanan kepada Allah, sebaiknya menyadari bahwa bukan hanya  mengandalkan kekuatan otak semata, bukan hanya mengandalkan akal dan kekuatan pikiran semata. Karena sesungguhnya ada kekuatan lain yang lebih dahsyat dari kekuatan otak, akal dan pikiran. Kekuatan ini bukan hanya mengantarkan manusia meraih sukses namun juga mampu mengantarkan manusia pada kemuliaan hidup. Yakni kekuatan hati atau kekuatan hati yang positif, kekuatan hati yang jernih. Kekuatan hati ini memiliki kedahsyatan yang melebihi kekuatan pikiran manusia. Karena hati adalah rajanya, hatilah yang mengatur dan memerintahkan otak, pikiran dan panca indra manusia.

Tuhan melalui berbagai ajaran yang dibawa oleh para Nabi, maupun melalui kitab suci-NYA telah mengajarkan kepada manusia untuk senantiasa mendengarkan suara hati nuraninya. Mengajarkan manusia untuk dapat memelihara kejernihan hatinya, sehingga sifat-sifat mulia yang tertanam dalam hati dapat memancar ke permukaan.  Karena di dalam hati manusia sudah tertanam ” built in” percikan sifat-sifat “Illahiah” dari Allah Tuhan Sang Pencipta Kehidupan. Diantara sifat-sifat mulia Allah yang tertanam dalam hati manusia adalah sifat kepedulian, kesabaran, kebersamaan, cinta dan kasih sayang, bersyukur, ikhlas, damai, kebijaksanaan, semangat, dan lain sebagainya. Karena itu sesungguhnya kekuatan hati ini sangat “powerfull” untuk meraih kesuksesan dan kemuliaan dalam segala bidang kehidupan.

Di dalam hati tempatnya pusat ketenangan, kedamaian, kesehatan, dan kebahagiaan sejati yang hakiki. Bahkan hati merupakan cerminan dari diri dan hidup manusia secara keseluruhan. Di dalam hati terdapat sumber kesehatan fisik, kekuatan mental, kecerdasan emosional, serta penuntun bagi manusia dalam meraih kemajuan spiritualnya. Hati menjadi tempat di mana sifat-sifat mulia dari Allah swt Sang Pencipta Kehidupan bersemayam. Hati adalah tempat dimana semua yang hal yang terindah, hal yang terbaik, termurni, dan tersuci berada di dalamnya.

Dengan demikian, kekuatan hati ini sangat “powerfull” dan sangat dahsyat dalam membawa manusia meraih sukses dan kemuliaan dalam segala bidang kehidupan. Hati yang jernih akan melahirkan pikiran-pikiran yang jernih dan pada akhirnya melahirkan tindakan-tindakan mulia berdasarkan suara hati nurani. Kejernihan hati dapat menjadikan manusia menjadi mampu betindak bijaksana, memiliki semangat positif, cerdas dan berbagai sifat-sifat mulia lainnya. Dengan hati yang jernih, kita dapat berpikir jernih dan menjalani kehidupan dengan lebih produktif, lebih semangat, lebih efisien dan lebih efektif untuk meraih tujuan.

Hati adalah kunci hubungan manusia dengan Tuhannya. Karena Hati adalah tempat bersemayamnya Iman, dengannya kita bisa berkomunikasi dengan sang Khaliq. Hati juga menjadi kunci hubungan dengan sesama manusia. Hubungan yang dilandasi kejernihan hati dapat menjadikan hubungan yang lebih sehat, baik dan konstruktif dengan siapapun. Karena hubungan yang dilandasi kejernihan hati akan mengedepankan kasih sayang, kejujuran, kebersamaan dan saling menghormati. Hubungan dengan manusia akan terasa menyenangkan, menghadirkan kedamaian dan kebahagiaan. Dengan demikian akan semakin banyak orang lain yang akan memberikan dukungan bagi kesuksesan kita.

Dalam meraih kesuksesan sebaiknya jangan hanya mengandalkan kekuatan otak semata. Karena otak atau pikiran merupakan sesuatu yang terbatas dan bersifat sementara. Berusahalah menggunakan kekuatan hati nurani, menggunakan kekuatan kejernihan hati dengan seimbang. Gunakanlah kekuatan hati yang positif, karena dialah sesungguhnya diri sejati Anda. Hatilah tempat sifat mulia Allah swt Sang Pencipta bersemayam di dalam diri kita. Dengan senantiasa menggunakan kekuatan hati, mendengarkan suara hati, akan membawa manusia menjalani kehidupan dengan penuh kedamaian dan kebahagiaan. Kalau seseorang dapat merasakan kedamaian hati dan kebahagiaan hati, maka akan memiliki hidup yang penuh dengan Sukses dan kemuliaan.

Namun, berbagai godaan kehidupan modern seringkali dapat mengotori kejernihan hati. Sikap egoisme, mementingkan hawa nafsu, mengikuti ambisi meraih kekuasaan dengan menghalalkan segala cara dan berbagai emosi-emosi negatif seperti amarah, dendam, benci dan iri hati dapat menjadikan kejernihan hati terbelenggu, Hati yang terbelenggu cahaya kejernihannya tidak dapat memancar ke permukaan. Inilah yang dapat melemahkan kehidupan spiritual umat manusia. Kalau dibiarkan, dapat menjadikan kita semakin sulit mendengarkan bisikan hati dan lebih mempercayai atau mengandalkan kemampuan otak serta produk-produk pikiran atau akal semata. Inilah yang akan melahirkan ketidak seimbangan antara kemampuan nalar dengan hati nurani, sehingga melahirkan berbagai masalah dalam kehidupan.

Sahabat semuanya, Jangan hanya mengandalkan kekuatan pikiran semata, tetapi dengarkanlah suara hati nurani Anda. Jadikanlah hati nurani Anda sebagai pembimbing dalam setiap langkah kehidupan. Berusahalah menagah kejernihan hati, agar rahmat dan berkah dari Allah senantiasa mengalir dan memberikan yang terindah untuk hati, perasaan dan seluruh diri kita. SEMOGA BERMANFAAT.

sumber: http://www.andriewongso.com/awartikel-941-Artikel_Tetap-Kekuatan_Hati_Melebihi_Kekuatan_Pikiran

Juni 19, 2009

Manfaat Sauna

Posted in HeaLth pada 11:36 am oleh gessi

sauna for healthy

sauna for healthy

Ya, sauna, mandi uap atau bisa disebut “steam bath” adalah mandi dengan uap dalam suatu ruangan yang telah dirancang khusus, dimana sisi-sisi ruangan tersebut dapat mengeluarkan uap panas.

Memang tidak asing lagi home saunas atau outdoor sauna bagi kaum perempuan atau lelaki yang sering melakukan ritual ini di salon kecantikan. Karena mandi uap di ruangan berhawa panas dan tertutup spa sauna ini akan mengucurkan keringat dan terasa lebih segar.

Ternyata mandi uap dan berpanas-panas di dalam ruangan tertutup dengan sauna heaters mampu mengeluarkan racu-racun yang ada dalam tubuh dari keringat anda. Cairan buangan tubuh atau keringat tersebut sebenarnya terdiri dari campuran air, mineral, asam lemak dan racun-racun di dalam tubuh. Rasa lelah pun hilang dan tubuh menjadi lebih segar bila semua ini terbuang bersama keringat setelahmandi sauna.

Steam atau sauna, memang belakangan ini menjadi bagian gaya hidup masyarakat kota. Sebenarnya aktivitas ini pada awalnya ditujukan untuk mereka yang tidak terlalu aktif berolahraga. Dengansauna kit atau sauna kits , pengeluaran keringat akan dirangsang dan aliran darah pun menjadi lebih lancar. Karena sirkulasi yang lancar ini maka asam laktat yang menumpuk pada otot pun terbawa arus sirkulasi.

Mungkin ada beberapa orang yang beranggapan bahwa sauna accessories mampu menurunkan berat badan. Tapi cara ini tidak efektif akan membuat seseorang menjadi lebih langsing. Panas dari uap saat sauna membuat pori-pori terbuka dan mengeluarkan kotoran bersama keringat. Sehingga disini yang berkurang adalah sisa-sisa metabolisme tubuh dan bukan lemaknya.

Agar acara sauna anda lebih bermanfaat sebaiknya anda jangan hanya membalutkan handuk dan duduk menikmati uap panasnya. Cobalah anda balurkan minyak atsiri merata pada seluruh kulit anda. Karena minyak ini mampu membuat kulit menjadi lebih bersih dan merangsang sirkulasi darah serta membantu mengeluarkan bahan bersifat racun dari sel dan jaringan. Dengan begitu tubuh dan jiwa anda pun tenang dan nyaman.

Perhatikan kondisi Anda untuk mendapatkan manfaat sauna :

– Jangan melakukan sauna jika Anda memiliki penyakit jantung atau menderita penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

– Hindari sauna Jika Anda menderita eksim atau memiliki kulit sensitif karena panasnya suhu ruang sauna akan membuat kulit teriritasi.

– Konsulltasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda sedang hamil, tekanan darah tinggi, atau menderita penyakit kronis.

– Hindari mengkonsumsi makanan sebelum masuk ruang sauna.

– Jangan minum alkohol karena alkohol akan memperlambat aliran darah dan menge-cilkan pembuluh darah, sementara sauna akan mempercepat aliran darah.

– Hindari konsumsi obat-obatan sebelum memulai sauna karena bisa mempengaruhi sistem metabolisme tubuh.

SUP BROKOLI JAGUNG

Posted in ReseP pada 6:37 am oleh gessi

healty soup..

healty soup..

Pertambahan usia seringkali disertai dengan proses penurunan daya penglihatan. Beberapa di antaranya ditandai dengan pandangan kabur (blur), ketajaman penglihatan berkurang, bahkan katarak. Salah satu cara memperbaiki fungsi mata dan menjaga kesehatan mata ialah cukup mengonsumsi lutein.

Apakah itu lutein? Lutein ialah zat antioksidan yang dimiliki oleh kelompok bahan pangan sumber betakaroten. Lutein bisa ditemukan pada sayuran daun berwarna hijau (bayam, kailan, sawi, daun katuk, kangkung), brokoli, jagung, aneka buah, dan kuning telur.

 

SUP BROKOLI JAGUNG
 

Untuk 2 porsi
Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)

1 ½ sdm minyak zaitun
50 g bawang bombai, iris tipis
2 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, iris tipis
150 g brokoli, lepaskan sesuai kuntumnya
1 buah jagung manis, potong kecil-kecil
50 g jamur shiitake, iris tipis
1 tangkai daun bawang, potong 2 cm
1 sdt garam
1 sdt minyak wijen

Cara membuat:
(waktu memasak: 15 menit)

 

  1. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombai, bawang putih, dan jahe hingga harum. Tambahkan kaldu sayuran, didihkan.
  2. Masukkan brokoli, jagung manis, dan jamur. Masak hingga sayuran mulai matang.
  3. Tambahkan daun bawang, bubuhi garam, merica, dan minyak wijen. Segera angkat. Sajikan hangat.

Laman berikutnya